200 Mahasiswa UMSU Persembahkan Tari 8 Etnis Bersama TV One

Uncategorized229 Dilihat

Sebanyak 200 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari dan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), menampilkan tari 8 etnis di acara Adira Festival bersama TV One, Sabtu (5/8) di Lapangan Benteng Medan.

Penampilan 200 mahasiswa UMSU mendukung rangkaian awal meraih Rekor Muri tarian massal dengan jenis tarian terbanyak di Indonesia bersama Adira Finance dan Tv One. Tari 8 etnis yang ditampilkan yaitu Melayu, Batak Karo, Simalungun, Fak-fak/Dairi, Batak Toba, Mandailing, Pesisir dan Nias.

Disaksikan langsung Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP yang diwakilkan oleh WR III UMSU Dr. Rudianto, M.Si bersama Direktur SDM & Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi, Asisten Pemerintahan Kota Medan Muhammad Sofyan, perwakilan Komando Distrik Militer (Kodim) hingga masyarakat kota Medan.

Wakil Rektor III UMSU Dr. Rudianto, M.Si mengatakan bangga dengan penampilan mahasiswa, tidak hanya melestarikan budaya, tapi penampilan tersebut menjadi pembuktian terhadap kualitas dan kreativitas mahasiswa UMSU.

“Alhamdulillah di UMSU memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa salah satunya di bidang seni dan tari. Anak-anak yang tampil hari ini Sebagian besar dari UKM Tari dan selebihnya mahasiswa dari PGSD yang memiliki mata kuliah seni tari,” ujar Dr. Rudianto.

Dia juga menyampaikan, perfoma yang ditampilkan mahasiswa UMSU menjadi bagian dari pengembangan UKM Tari dan dilakukan secara professional. UKM Tari yang dikelola UMSU menghadirkan tenaga pelatih yang setiap saat melatih dan menghadirkan regenerasi.

“Kedepannya kita akan mempertahankan tradisi dan kemapuan anak-annak kita dalam seni tari tradisional, mudah-mudahan akan banyak lagi lembaga-lembaga professional di luar kampus yang merekognisi kemampuan anak-anak kita,” tutur Dr. Rudianto.

WR III itu berharap ke depannya, UMSU terus mendorong UKM Tari menjadi menjadi ikon UMSU. Jika orang mencari dan mengingat generasi muda yang senang dan cinta dengan seni budaya, maka akan teringat pada UMSU.

Baca Juga  Kredit BCA naik 12,3% menjadi Rp 766 hingga September 2023

Sementara itu, Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi turut memuji perfoma tarian 8 etnis 200 mahasiswa UMSU.

“Terima kasih, kalian sudah menari sangat cantik dan sangat memukau warga kota Medan. Terima kasih Pak Rudi telah berhadir dan mendukung adik-adik mahasiswa tampil pada kegiatan hari ini,” ujar Swandajani.

Kemudian, Pembina UKM Tari Dharma Ari Prianto, S.E. dengan Pelatih Muhammad Nasir Nst, S.P. mengatakan bahwa penampilan 200 mahasiswa hanya memerlukan persiapan 1 minggu. Nasir sebagai pelatih mengaku tidak sulit dalam memberikan arahan kepada 200 mahasiswa yang berpotensi menjadi lebih professional. Hal yang sama turut dirasakan Muhammad Iqbal, salah satu mahasiswa UMSU yang ikut dalam formasi tarian.

“Luar biasa bisa ikut nampil dari tarian ini, harapan ke depannya UMSU dapat terus men-support kreativitas-kreativitas yang dimiliki mahasiswa dan mahasiswa. UKM Tari UMSU juga bisa terus berkembang dan berprestasi baik di taraf regional, nasional maupun internasional,” Ujar Iqbal.

Sebelumnya, UKM Tari UMSU telah meraih berbagai capaian prestasi mulai dari tingkat regional, nasional hingga internasional seperti Juara II Festival Tari dan Budaya di Bali, Juara 1 Folklore Dance di Festival International Italy serta sering tampil di acara-acara nasional maupun International.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *