Ada kabar dari The Fed dan CPU, rupiah menguat ke Rp 15.655/USD.

Uncategorized62 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Rupee menguat terhadap dolar AS setelah bank sentral AS (Fed) mengumumkan sikap dovish dan Komisi Pemilihan Umum (GEC) merilis hasilnya.

Laporan dari RefinitifRupiah menguat 0,35% menjadi Rp15.655 per dolar AS. Posisi tersebut merupakan yang terkuat sejak 15 Maret 2024.

Sedangkan DXY pada pukul 14:48 WIB naik ke 103,28 atau melemah 0,54%. Angka tersebut turun dibandingkan penutupan kemarin sebesar 103,84.

Keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunga pada 5,25-5,5% mengurangi ketidakpastian pasar, setidaknya dalam jangka pendek.

Selain itu, dot plot yang dirilis juga menunjukkan bahwa The Fed diperkirakan akan menurunkan suku bunga tahun ini.

Sembilan dari 19 pejabat The Fed meyakini The Fed akan memangkas suku bunga sebanyak 75 basis poin (bps) pada akhir tahun 2024.

Perkiraan ini didasarkan pada perkiraan “dot plot” pejabat Fed sebesar 4,5% hingga 4,75%, atau median 4,6%, untuk sisa tahun ini.

Median ini menunjukkan bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga sebesar 0,75%, atau tiga kali masing-masing sebesar 0,25%, sebelum akhir tahun.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka tekanan terhadap rupee akan mereda mengingat DXY berpotensi melemah dalam beberapa waktu ke depan.

Di sisi lain, euforia pelaku pasar atas hasil rekapitulasi yang diumumkan CPU menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Jibran Rakabuming Raka memenangkan pemilihan umum (pemilu) 2024 dengan perolehan suara 58,59%.

Hal ini juga mengurangi ketidakpastian di pasar domestik karena akan ada satu putaran pada tahun ini.

RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Penarikan! Kabar buruk dari AS membuat rupee melemah 0,6%

Baca Juga  Teman-teman, daripada menggunakan P2P lending, cobalah Pegadaian Social Lending!

(v/v)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *