Berurusan dengan! Menteri ESDM menyetujui penjualan saham Vale, berikut bocoran harganya

Uncategorized119 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan keputusan akhir terkait akuisisi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) oleh holding pertambangan BUMN MIND ID telah tercapai.

Dia membenarkan, kedua perusahaan sudah sepakat harga saham yang diumumkan sebesar 14%. Disepakati harga perolehan saham akan lebih rendah dari harga saham Vale saat ini atau sekitar Rp 3.000 per saham.

“Di bawah jumlah tersebut (harga saham Vale) pada dasarnya lebih murah Rp 3.000,” kata Arifin di Kantor Umum Industri Minyak dan Gas Bumi di Jakarta, Jumat (16/02/2024).

Arifin mengatakan, harga tersebut sudah termasuk diskon dari harga pasar. Ia juga mengatakan penyelesaian penjualan saham Vale akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Kita harapkan dalam beberapa hari (tanda tangan). Kita tunggu beberapa hari, mudah-mudahan Senin (19/2/2024) sudah bisa selesai, tim masih bekerja. Sabar, ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erik Thohir menyampaikan kepada industri pertambangan MIND ID mengenai harga negosiasi penjualan 14% saham yang akan dialihkan ke PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Ia meminta harga jual 14% itu bisa didapat semurah mungkin.

“Kami masih bernegosiasi. Ya, kami sedang bernegosiasi untuk harga serendah mungkin,” kata Eric saat bertemu di sela-sela peluncuran komitmen keuangan (CIPP) Just Energy Transition Partnership (JETP) di kantor Departemen Energi. dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Selasa (21 November 2023).

Seperti diketahui, penjualan aset Vale merupakan salah satu syarat perpanjangan Kontrak Karya (KK) PT Vale Indonesia yang habis masa berlakunya pada Desember 2025 menjadi Izin Pertambangan Khusus (IUPK).

Kepemilikan MIND ID di PT Vale di Indonesia Tbk (INCO) saat ini baru 20%, dan sekitar 21,18% saham INCO dimiliki publik dan tersebar di pasar saham Indonesia. Artinya, jika tambahan sahamnya hanya 14%, maka MIND ID akan menguasai 34% saham Vale.

Baca Juga  Video: Bekerja Cepat, IHSG Pertahankan Level 7000

Sementara mayoritas saham Vale saat ini dimiliki oleh Vale Canada Limited (VCL) dengan kepemilikan 43,79%, disusul Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM) 15,03%.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

RI mendapat tambahan 14% saham Vale. Apa manfaatnya?

(melalui)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *