BI pertahankan suku bunga 6%, rupiah menguat menjadi Rp 15.630 per dolar AS

Uncategorized218 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS setelah rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga di angka 6%.

Laporan dari RefinitifRupiah menguat 0,16% menjadi Rp15.630 per dolar AS. Apresiasi tersebut mematahkan tren pelemahan yang terpantau selama empat hari berturut-turut.

Sedangkan DXY pada pukul 14.51 WIB melemah ke 104,05 atau turun tipis sebesar 0,02%. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan penutupan perdagangan Selasa (20/2/2024) yang berada di 104,08.

Hari ini BI memutuskan suku bunga dasar akan kembali dipertahankan pada angka 6%. Suku bunga deposito juga diputuskan tetap sebesar 5,25%, dan suku bunga kredit sebesar 6,75%.

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG) pada 20-21 Februari 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI rate sebesar 6%, kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Rabu (21 Februari 2024).

Hal ini sejalan dengan konsensus 12 lembaga CNBC Indonesia bahwa BI akan tetap mempertahankan suku bunga absolut di angka 6%.

Perry mengatakan, alasan dipertahankannya suku bunga BI adalah untuk tetap menjaga fokus pada stabilitas kebijakan moneter.

Stabilitas tersebut bertujuan untuk memperkuat stabilisasi nilai tukar rupee, serta langkah proaktif dan berwawasan ke depan untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam target 2,5 ± 1% pada tahun 2024.

Sementara itu, makroprudensial dan sistem pembayaran terus mendukung pertumbuhan ekonomi. Hal ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Dengan demikian, kebijakan makroprudensial masih longgar.

“Langkah-langkah makroprudensial terus diterapkan untuk mendukung penyaluran kredit kepada dunia usaha dan rumah tangga, serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran dari dan ke pemerintah pusat. Pemerintah daerah juga terus mendorong peningkatan volume transaksi dan inklusi digital. – kata Perry.

Baca Juga  Ulang tahun ketiga kehadiran BSI di pelosok tanah air, hampir 20 juta nasabah

RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Inilah harga beli dan jual nilai tukar rupee di kantor tukar.

(v/v)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *