BRI berharap UMKM bisa menjadikan Indonesia negara maju.

Uncategorized40 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperkirakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mampu menjadikan Indonesia sebagai negara maju. Hal ini mengingat besarnya kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Terakhir, UMKM menyumbang 61% PDB atau Rp9,580 triliun. Bahkan, kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total angkatan kerja.

“Kami optimis dalam 10 tahun ke depan kita akan menjadi negara maju dengan kontribusi UMKM terhadap PDB yang berkelanjutan pada tahun 2034,” kata Supari, Direktur Bisnis Mikro BRI, pada BRI Microfinance Outlook 2024 di BRILiaN Tower, Jakarta Selatan , Kamis (07/03)..2024).

Supari menjelaskan, optimisme tersebut muncul seiring BRI terus mendukung UMKM. Salah satu caranya adalah dengan memberikan akses kepada UMKM terhadap layanan keuangan, bahkan pada tingkat mikro.

“BRI memiliki posisi unik untuk melakukan penetrasi lebih dalam guna meningkatkan jumlah UMKM. Selain itu, BRI juga berpeluang berkolaborasi dengan pihak swasta agar UMKM BRI bisa masuk ke dalam rantai pasok,” tegas Supari.

Untuk itu, BRI dan swasta perlu memperluas infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas UMKM. Intervensi pemerintah juga diperlukan untuk memudahkan UMKM meningkatkan produktivitasnya.

“Kami tidak khawatir dengan kebijakan pemerintah, tapi kami butuh perhatian di sana-sini,” kata Supari.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Direktur Utama BRI: Mesin pertumbuhan Indonesia ada di tingkat akar rumput

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Kasus Korupsi Industri Timah: Kejaksaan Agung Sita Uang Rp33 Miliar, Crazy Rich Helena Lim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *