BTN Sedang Cari Bank Syariah, Begini Kata BCA

Uncategorized191 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Utama PT BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum membantah rumor yang beredar soal rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BBTN.

Namun hingga saat ini BCA Syariah masih dimiliki oleh BCA dan belum ada pembahasan mengenai hal tersebut, kata Yuni seperti dikutip Rabu (13/9).

Berdasarkan laporan publikasi Juni 2023 PT Bank Central Asia Tbk. atau BBCA merupakan pemegang saham pengendali BCA Syariah dengan kepemilikan sebesar 99,99%.

Yuni mengatakan perseroan kini lebih fokus pada bisnis transaksi digital di tengah perkembangan industri perbankan nasional. Pasalnya, ketersediaan teknologi terbukti sangat membantu dalam menarik nasabah baru sekaligus meningkatkan penetrasi layanan keuangan syariah di Indonesia.

Sebelumnya BTN melakukan pembagian usaha atau berputar. Bank umum yang bergerak di bidang real estate punya tiga opsi untuk melakukan aksi korporasi. Strategi yang akan dipilih adalah yang paling efektif bagi perusahaan untuk mendirikan bank umum syariah (BUS).

Opsi pertama, Bank BTN akan membuat perusahaan baru atau meminta izin baru untuk membuat BUS.

Opsi kedua adalah dengan membeli BUS yang sudah ada lalu menggabungkannya dengan BTN Syariah. Sebagai informasi, saat ini terdapat 12 bus di Indonesia termasuk BCA Syariah.

Selain itu, opsi ketiga, opsi yang paling efektif, kini tengah dikaji dan tengah dikaji secara mendalam.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, setelah spin-off tersebut, rencananya PT Bank Syariah IndonesiaTbk atau BRIS akan menjadi pemegang saham BTN Syariah.

“Pertama cabangnya, nanti akhirnya bermitra dengan BSI,” kata Nixon.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Laba BTN Syariah Tumbuh 47,3%, Siap Spin-Off?

Baca Juga  Elon Musk mengakui tingginya suku bunga membuat masyarakat enggan membeli mobil

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *