BUMN ingin buat jasa emas batangan, Freeport akan ikut serta

Uncategorized12 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menunggu peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) tentang pengembangan jasa emas batangan atau pengembangan jasa emas yang berasal dari Undang-Undang (UU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. P2SK).

Dalam pengembangan ekosistem jasa emas batangan, BUMN akan memproduksi emas di smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang akan beroperasi mulai Mei 2024.

Menurut Wakil Menteri BUMN Karthika Wirjoatmodjo, tidak terbitnya POJK karena beberapa alasan.

“Kalau menurut kami bagus [mengapa POJK pengembangan emas belum rilis] Karena [bullion service] ini adalah konsep baru. OJK biasanya mengatur lembaga keuangan yang tidak menyediakan pengiriman fisik, bahkan pengiriman tanpa kertas, untuk sementara waktu. [emas] “Ini unik,” ujarnya saat meresmikan Menara Gade, Selasa (7/5/2024).

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan, OJK harus melakukan pengawasan yang sangat ketat untuk memastikan jumlah emas yang tercatat milik nasabah sesuai dengan jumlah fisik emas yang benar-benar tersedia dan dikuasai dalam sistem ekosistem emas.

“Ini [emas] “Ada barang fisik yang perlu didaftarkan ke pelanggan, dan barang fisik perlu dikontrol,” imbuhnya.

Sementara itu, anak perusahaan BUMN PT Pegadaian (Persero) telah menyiapkan uji sistem untuk pengembangan ekosistem emas, termasuk Tabungan Emas Plus.

Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan melalui Tabungan Plus, nasabah bisa memanfaatkan simpanan emasnya. Selain itu, tabungan tersebut juga dapat diberikan dalam bentuk pinjaman.

Damar menjelaskan, masyarakat yang membutuhkan emas juga bisa datang ke Pegadayan untuk meminjam emas dan kemudian membayarnya dengan emas juga.

“Kedua sistem tersebut masih menjalani pengujian internal perusahaan dan belum dirilis secara luas ke publik. Kami masih menunggu keluarnya POJK tersebut. Jadi sekarang kita tinggal mempersiapkannya, menunggu aturan yang ada,” ujarnya. Damar pada konferensi pers Pegadaian Kinerja 2023 Februari lalu.

Baca Juga  Ammar Zoni Jalani Sidang Perdana, Irish Bella Berhalangan Hadir

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Menteri BUMN Eric bicara soal perpanjangan kontrak dengan Freeport

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *