Cadangan devisa RI bertambah 5 miliar dollar AS, mencapai 138,1 miliar dollar AS!

Uncategorized157 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) mengumumkan cadangan devisa Indonesia mencapai US$138,1 miliar pada akhir November 2023. Kenaikan devisa dibandingkan akhir Oktober 2023 sebesar US$133,1 miliar.

Berdasarkan siaran pers BI, Kamis (12/7/2023), peningkatan cadangan devisa antara lain dipengaruhi oleh penerbitan obligasi pemerintah global dan penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,3 bulan impor atau 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah serta melebihi standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai cadangan devisa mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Ke depan, Bank Indonesia meyakini cadangan devisa akan tetap memadai dengan tetap menjaga stabilitas dan prospek perekonomian, sejalan dengan serangkaian kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.”

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Dengan menahan dolar eksportir, Sri Mulyani: Cadev meningkatkan keuntungan sebesar US$12 juta per bulan

(pengusir hama/pengusir hama)


Quoted From Many Source

Baca Juga  IHSG kembali turun lebih dari 1% dan kembali ke 7000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *