CEO JPMorgan memperingatkan perekonomian AS untuk tahun 2024-2025: Bagaimana kabarnya?

Uncategorized220 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon memberi peringatan terhadap perekonomian Amerika Serikat (AS) pada tahun 2024 dan 2025. Dia mengatakan akan ada risiko baik finansial maupun geopolitik saat ini.

“Semua kekuatan yang sangat kuat ini akan mempengaruhi kita pada tahun 2024 dan 2025,” kata Dimon dalam wawancara di sela-sela Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss. CNBC Internasional, Kamis (18/1/2024).

“Ukraina, aktivitas teroris di Israel dan Laut Merah, pengetatan kuantitatif (mengacu pada kebijakan bank sentral AS, Federal Reserve)… Saya masih ragu apakah kita benar-benar memahami cara kerjanya,” kata Daimon. .

Bahkan, kata Dimon lagi, pasar saham yang relatif kuat dalam beberapa bulan terakhir membuat investor terbuai dengan potensi risiko ke depan. Misalnya, indeks pasar S&P 500 naik 19% tahun lalu dan tidak jauh dari puncaknya.

“Saya pikir salah jika menganggap semuanya ‘keren’,” kata Dimon.

“Ketika pasar saham naik, itu seperti obat kecil yang menurut kita sangat membantu. Tapi ingat kita sudah mendapat begitu banyak stimulus fiskal dan moneter, jadi saya sedikit lebih berhati-hati,” tambahnya.

Dimon sendiri telah menganjurkan kehati-hatian selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2022, ia juga memperingatkan investor akan adanya “badai” ekonomi di masa depan akibat pengetatan kuantitatif dan konflik di Ukraina.

Sementara itu, CEO Goldman Sachs David Solomon mengatakan meskipun kondisi pasar (terlepas dari geopolitiknya) tampak lebih baik dibandingkan tahun lalu, ia memiliki beberapa kekhawatiran. Salah satunya adalah meningkatnya tingkat utang AS.

“Saya sangat prihatin dengan meningkatnya utang,” kata Solomon.

“Ini adalah masalah risiko serius yang perlu kita atasi dan perhitungkan. Ini mungkin tidak akan terjadi dalam enam bulan ke depan,” katanya.

Baca Juga  OJK mencabut sanksi terhadap broker reasuransi PKU Mega Jasa

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *