CT berbicara terus terang tentang tekanan keuangan yang disebabkan oleh tingginya suku bunga

Uncategorized63 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Pendiri dan Chairman CT Corp, Chairman Tanjung, menyoroti kondisi keuangan yang tertekan akibat kebijakan moneter yang ketat, terutama dari Amerika Serikat yang saat ini masih mempertahankan suku bunga tinggi.

Kondisi ini pada akhirnya memaksa seluruh bank sentral dunia untuk menaikkan suku bunga, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap berkurangnya likuiditas uang yang beredar di pasar.

“[Indonesia] pengalaman tekanan keuangan apa yang menyebabkan kekurangan tuntutan DAN saham sektor keuangan hancur. “Suku bunga bank sentral AS naik sehingga menyebabkan suku bunga global naik,” jelas tokoh yang akrab disapa CT itu dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2024, Kamis (29 Februari 2024).

Selain itu, ia mengatakan perbankan swasta paling terpukul oleh kondisi moneter yang masih ketat. Hal ini sebagian disebabkan karena dana murah (CASA) menjadi semakin terbatas dan dana menjadi semakin langka dan mahal.

“Bank swasta memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap aktivitas perbankan kita dan uang menjadi semakin mahal,” jelas CT.

Kebijakan moneter global yang sebelumnya ketat disebabkan oleh tingginya inflasi akibat kebijakan suku bunga yang sangat rendah selama pandemi. Pada saat itu, pemerintah di seluruh dunia, terutama Amerika Serikat, sedang menerapkan kebijakan moneter yang sangat rendah disertai dengan insentif yang sangat besar untuk menstimulasi perekonomian. Hal ini pada akhirnya menyebabkan harga komoditas naik dan memaksa bank sentral menaikkan suku bunga. Lebih buruk lagi, setelah pandemi ini dapat dikendalikan, rantai pasokan global juga menghadapi tantangan karena meningkatnya permintaan dan perang yang berkecamuk di seluruh dunia.

Saat ini bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, dan beberapa bank sentral besar dunia lainnya, termasuk Bank Indonesia, terus mempertahankan suku bunga tinggi. Suku bunga The Fed ditetapkan sebesar 5,25% hingga 5,50% dan suku bunga BI sebesar 6%.

Baca Juga  Pasangan Tantri Namirah dan Haykal Kamil bersama JINISO Beberkan Peran dan Arti Fashion Lebih Luas di Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Bos BI mengaku punya banyak kesabaran, setuju Mau turunkan BI rate?

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *