Dengan menjual 2 miliar saham BRPT, Prajogo Pangestu bisa meraup Rp 2,07 triliun

Uncategorized79 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Konglomerat Prajogo Pangestu menolak ikut serta di PT Barito Pacific Tbk. (BRPT). Mengutip data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 15 Maret 2024, Komisaris Utama BRPT menerbitkan 2 miliar saham perseroan.

Pada perdagangan Kamis 14 Maret 2024, Prajogo tercatat menempatkan 1,18 miliar saham BRPT di rekening efek PT Bahana Sekuritas dan 819 juta saham BRPT di rekening efek PT BNI Sekuritas. Kepemilikannya di BRPT tetap sebesar 64,73 miliar saham, turun dari sebelumnya 66,73 miliar saham.

Berkat transaksi tersebut, saham Prajogo yang merupakan pemegang saham pengendali holding energi dan petrokimia itu kini bertahan di 69,05% dari sebelumnya 71,19%.

Masih belum diketahui secara pasti mengapa saham tersebut diterbitkan dan berapa harga penjualannya. Data perdagangan bursa menunjukkan saham BRPT menguat 0,98% ke Rp 1.035 per saham seiring aksi besar yang dilakukan Prajogo.

Dengan asumsi strike price sama dengan harga penutupan, Prajogo diproyeksikan mampu menghimpun dana baru hingga Rp 2,07 triliun dari transaksi tersebut.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Prayogo menjual saham emiten raksasanya itu. Sebelumnya, pada akhir Februari lalu, ia juga diketahui telah menjual saham Chandra Asri Pacific (TPIA). Saat itu, Prajogo diketahui telah menjual 1,5 miliar saham TPIA senilai Rp 5,11 triliun.

Sementara itu, saham BRPT ditutup menguat 1,04% ke level 970 pada perdagangan sesi I Selasa (19/3/2024).Saham perseroan terus bergerak di zona hijau sepanjang sesi I.

Menurut RTI Business, saham BRPT sudah beberapa waktu ini berada dalam tren penurunan. Tercatat dalam sepekan terakhir, BRPT mengalami penyesuaian sebesar 3,96%. Sedangkan saham BRPT anjlok 39,38% dalam tiga bulan terakhir.

Baca Juga  Inflasi melambat di Januari 2024, kesepakatan IHSG-rupiah menguat

Saham tersebut telah meninggalkan level psikologis 1000 sejak 15 Maret 2024 dan belum kembali lagi. Posisi BRPT tertinggi sepanjang tahun ini berada pada posisi 1435.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Prajogo yang sebelumnya berprofesi sebagai sopir angkutan umum dan lulusan SMP kini menjadi orang terkaya di Indonesia.

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *