Dewan Pengawas Khusus mencakup 4 bank penerbit.

Uncategorized83 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Sebanyak 4 bank penerbit mendapat tanda khusus dari Bursa Efek Indonesia. Sebelumnya, bank yang mendapat penunjukan khusus adalah PT Bank of India india Tbk. (BSWD) dan Bank Pembangunan Daerah PT Banten Tbk. (KEMBALI).

Kini PT Bank QNB Indonesia Tbk. (BKSW) dan PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS) juga mendapat “tato” serupa.

Empat bank penerbit mendapat predikat X, artinya emiten tersebut masuk dalam dewan pengawas khusus.

Sebagai informasi, BEI pada akhir Desember 2018 menerbitkan notasi khusus untuk menentukan status emiten tersebut.

Sedangkan dewan pengawas khusus adalah dewan pencatatan di Bursa yang memenuhi kriteria yang diatur dalam Peraturan No. IX. Perusahaan Tercatat yang termasuk dalam Dewan Pemantau Khusus akan mempunyai tanda khusus dalam Kode Perusahaan Tercatat, yaitu sebutan X.

Salah satu kriteria perusahaan tercatat untuk masuk dalam pencatatan khusus adalah perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi persyaratan untuk tetap tercatat di BEI.

Berdasarkan kondisi V.1. dari Peraturan no. IA, persyaratannya adalah jumlah saham yang beredar bebas tidak kurang dari 50.000.000 lembar saham dan tidak kurang dari 7,5% dari jumlah seluruh saham tercatat, dan jumlah pemegang saham tidak kurang dari 300 nasabah pemegang SID.

Selain itu, penempatan saham tersebut pada Dewan Pengawas Khusus juga membuat harga saham perseroan berisiko turun hingga Rp 1 per saham.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

OJK batasi dividen bank: investor bisa untung atau rugi?

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Ketika pengurus OJK menjadi kontak darurat dan dikenakan tunggakan gaji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *