Diungkapkan! Ternyata gara-gara itu, banyak warga Indonesia yang makan lewat tabungannya.

Uncategorized61 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Tren penggunaan tabungan di Indonesia terus berlanjut pada tahun ini. Tabungan terus menurun dibandingkan tahun 2022.

Bank Mandiri melihat fenomena tersebut terjadi karena akumulasi tabungan khususnya di kalangan menengah ke bawah yang cukup tinggi pada tahun 2022 akibat pandemi dan pembatasan sosial. Masyarakat akan mulai menarik tabungannya pada tahun 2023.

Tren tingginya tabungan pemerintah yang terlihat pada tahun 2022 tidak akan terjadi dalam jangka pendek pada tahun 2024, menurut Kepala Mandiri Tegu Institute Yudo Wikaksono. Namun, ia melihat dampak dari fenomena tabungan ini justru terletak pada persoalan distribusi.

“Kalau kita lihat belanja atau tabungan kelas menengah atas masih relatif stabil, dan porsi belanja kelas menengah atas sekitar 86%, jadi cukup besar. Jadi masalahnya lebih pada distribusi.” dimana konsumsi masyarakat menengah ke bawah akan terdampak karena tabungan mereka sudah mulai berkurang,” kata Yudo dalam Macroeconomic Outlook yang dikutip, Kamis (21/12/2023).

Ia mengatakan, fenomena penghematan pangan sebenarnya sudah mulai berkurang dalam beberapa bulan terakhir. Oleh karena itu mulai miring, karena terjadi proses akumulasi tabungan itu sendiri.

Menurut Yudo, dampak penghematan terhadap konsumsi secara keseluruhan cukup terbatas karena kontribusi masyarakat kelas menengah ke bawah terhadap total konsumsi relatif kecil.

Ia mengatakan, yang bisa dilakukan pemerintah untuk melindungi masyarakat kelas bawah adalah melalui bantuan langsung tunai dan pengendalian inflasi untuk mendukung konsumsi kelas menengah bawah.

Pada awal Desember, MSI mencatat angka 188,2, yang menunjukkan bahwa belanja pemerintah lebih tinggi 88,2% dibandingkan periode sebelum pandemi (Januari 2020). Secara bulanan, belanja pemerintah pada November 2023 tercatat sebesar 177,8, naik 40,1% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu (MSI Juli 2023 tercatat 126,9).

Baca Juga  Gantikan Paman Gibran sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Segini Hart Suhartoyo

Di seluruh kelompok pendapatan, pengeluaran masyarakat pada kelompok terendah – konsumen dengan tabungan kurang dari Rp 1 juta – mulai menunjukkan perlambatan. Secara bulanan, pengeluaran kelompok terendah pada bulan November sedikit lebih rendah dibandingkan pada bulan Oktober 2023.

Di sisi lain, penurunan tingkat tabungan kelompok ini yang sudah berlangsung sejak Mei lalu mulai mendatar. Hal ini menunjukkan bahwa berkurangnya tabungan kelompok berpendapatan rendah mulai berdampak pada pengeluaran mereka. Sedangkan kelompok menengah – yang memiliki saldo tabungan Rp 1-10 juta – relatif stabil di angka 166,4.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Direksi Bank Mandiri kompak beli saham, worth it

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *