Emiten Tommy Suharto menyiapkan belanja modal sebesar Rp 802,50 miliar. Untuk apa?

Uncategorized357 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten milik Tommy Suharto merupakan emiten yang bergerak di segmen transportasi energi dan jasa maritim, PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) menganggarkan belanja modal sebesar Rp 802,50 miliar pada tahun 2024 yang rencananya akan digunakan untuk mengakuisisi sejumlah kapal di armada tersebut.

Merujuk keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur Utama perseroan Tirtha Hidayat mengatakan pembelian armada kapal ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah, khususnya terkait konservasi energi, dimana pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran kapal. bahan bakar nabati menjadi bahan bakar minyak berat ( BBM) kadar minyak, solar dari 30% (B30) menjadi 35% (B35).

Bahan utama B35 sendiri berasal dari sumber daya terbarukan yang dapat ditanam dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap minyak. Biodiesel ini juga dapat mengurangi emisi gas buang, termasuk jelaga dan emisi knalpot.

“Perusahaan sendiri berniat menambah armadanya sebanyak 9 kapal, antara lain 3 kapal tanker minyak dan kimia, 1 kapal LNG, dan 5 kapal tunda,” ujarnya dalam keterbukaan informasi, Selasa (16/1).

Anggaran akuisisi kapal tanker minyak dan kimia ini merupakan bentuk strategi ekspansi perseroan untuk memenuhi kebutuhan metanol yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan biofuel, ujarnya. Namun sayangnya, karena permintaan metanol yang terus meningkat, ketersediaan kapal pengangkut metanol di Indonesia saat ini masih terbatas.

“Keterbatasan jumlah kapal angkut memberikan peluang bisnis yang lebih besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan kekurangan tersebut,” tambah Tirta.

Tahun ini perseroan berencana membeli 9 unit kapal.

Selain mengangkut metanol, kapal tanker sasaran juga dirancang untuk mengangkut soda kaustik dan asam sulfat, yang kebutuhannya akhir-akhir ini meningkat tajam seiring dengan pertumbuhan industri nikel di Indonesia.

Baca Juga  Mengintip Kehidupan Sosialita Kim Lim, Sosok Inspiratif yang Selalu Terhubung dengan Masyarakat dan Beri Dampak Positif pada Dunia

Pengerahan kapal tanker minyak dan kimia ini merupakan salah satu upaya perseroan untuk mengembangkan bisnis kimianya dan diharapkan dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar pada tahun 2024.

Tirta juga mengatakan penambahan kapal ini akan menjadi katalis positif bagi peningkatan produktivitas perseroan, khususnya di industri minyak, gas, dan kimia. “Pada tahun 2024, perseroan berencana meningkatkan laba komersial bersih perseroan sebesar 20,5%,” ujarnya.

Ia menambahkan, pencapaian akhir tahun 2023 secara unaudited adalah pendapatan operasional bersih sebesar US$14,70 juta. Jumlah ini meningkat sebesar 35% dibandingkan laba bersih tahun 2022, ketika manajemen awalnya berencana mencapai 20% pada akhir tahun 2023.

Namun hal itu harus didukung dengan laporan keuangan auditan yang dilakukan oleh perusahaan audit, tutupnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Saham HUMI ​​milik Tommy Suharto anjlok 86% usai IPO

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *