FKIP UMSU Lepas Mahasiswa Program PLP, KKN Reguler dan Internasional

Uncategorized231 Dilihat

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Arifin Gultom, M.Hum resmi melepas mahasiswa FKIP UMSU mengikuti program PLP 2 dan 3, KKN Reguler serta KKN Internasional di Filipina dan Thailand. Pelepasan diadakan, Rabu (23/8) di Pelataran UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Berdasarkan laporan dari Dekan FKIP UMSU Dra. Syamsuyurnita, M.Pd pelepasan diikuti oleh 330 mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2, 362 mahasiswa yang mengikuti PLP 3 serta 362 mahasiswa KKN regular dan 49 mahasiswa KKN Internasional di antaranya 4 mahasiswa KKN di Filipina dan 45 KKN di Thailand selama 1 bulan.

Wakil Rektor I Prof. Arifin dalam sambutannya mengingatkan bahwa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari kurikulum dan nilai SKSnya reatif besar sehingga wajib diikuti mahasiswa UMSU. Sehingga jang sampai menganggap remeh dalam pelaksanaannya tidak.

Selain itu, Prof. Arifin berpesan 4 hal kepada mahasiswa yang akan menjalankan kegiatan PLP dan KKN.

“Pertama, ananda akan terjun ke masyarakat, ciri umsu adalah Al-Islam dan Kemuhammadiyaahan, maka jangan lupa melaksanakan ibadah saat kegiatan nantinya. Kedua, kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan setempat dan harus bias menyesuaikan diri, tunjukkan bahwa kita adalah mahasiswa dan jangan emosional saat berhadapan dengan orang lain,” ujar WR I UMSU.

Ketiga, dia berpesan agar mahasiswa dapat menjaga nama baik alamamater dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Terakhir, Prof. Arifin berharap mahasiswa PLP dan KKN dapat menjaga kesehatan karena kegiatan akan terlaksana jika mampu menjaga kesehatan.

Sementara itu, Dekan FKIP UMSU Dra. Syamsuyurnita berpesan kepada mahasiswa KKN Internasional bahwa mereka adalah duta-duta UMSU sehingga wajib menjaga nama baik almamater.

“Ananda nantinya di sana bukan berdarmawisata tapi ber-KNN, maka mandiri dan bertanggungjawablah pada diri sendiri. Laksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” kata Dekan FKIP UMSU.

Baca Juga  Bank-Bank Berkapitalisasi Besar Bagi Dividen, Sahamnya Naik Lagi?

PLPL 2 merupakan pengenalan lapangan persekolahan secara administrasi dan perangkat pembelajaran, tahun ini mahasiswa FKIP UMSU tersebar di 13 SMA/SMK, 20 SD dan terdapat 33 DPL. Sementara itu, PLP 3 adalah pengenalan lapangan persekolahan dengan praktek mengajar atau melaksanakan perangkat pembelajaran, mahasiswa tersebar di 16 SMA/SMK, 21 SD dan terdapat 37 DPL. Kemudian terdapat 37 lokasi KKN Reguler maupun Internasional.

Pelepasan ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis kepada mahasiswa Program Studi Matematika, Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling dan PGSD yang mengikuti PLP serta KKN. Turut hadir Para Wakil Dekan FKIP UMSU dan Pimpinan Program Studi di Lingkungan FKIP UMSU.

Penulis dan Fotografer: Peny Eriska I Editor: Ribut Priadi

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *