Hal ini diingatkan oleh Pimpinan BRI terkait aturan penghapusan buku pinjaman UMKM

Uncategorized62 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah saat ini sedang menyusun aturan mengenai keringanan pinjaman UMKM. Keputusan ini berasal dari Undang-Undang tentang Pembangunan dan Penguatan Sektor Keuangan (LDS).

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) Sunarso mengatakan, Keputusan Pemerintah (GR) tentang penghapusan dana pinjaman UMKM harus diatur sedetail mungkin dalam praktiknya. Menurut dia, Himpunan Bank-Bank Negara (Khimbara) merasa prihatin kerusakan moral aturan-aturan ini.

“Tapi di mana harta benda PP ini? Tapi di PP kali ini kita perlu memperhatikan fakta bahwa himbara masih takut tidak melakukannya transparanjika ini [aset kredit] “Tetap menjadi aset negara karena merugikan negara,” kata Sunarso saat rapat dengar pendapat (PS) yang dihadiri Komisi VI DPR RI, Rabu (21 Maret 2024).

Dia mengatakan banyak nasabah yang pinjamannya lancar dan harus ditagih meminta untuk “dibekukan” agar bisa dihapuskan. Menurut Sunarso, hal tersebut kerusakan moral apa yang harus diperhatikan.

“Karena banyak pelanggan yang lancar dan minta colokan, lalu bukunya dihapuskan. Bank Himbara ini dibubarkan. Kami tidak bisa membayar dividen. Ini adalah hal yang paling penting. Ini adalah hal yang paling penting. kerusakan moral Ini perlu diawasi,” ujarnya.

Sunarso mencatat, dalam praktiknya, menghapus buku pinjaman UMKM juga bukan perkara mudah. Meski demikian, pihaknya siap menjalankan kewenangan pemerintahan yang telah diputuskan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyetujui bank-bank milik negara bisa melakukan hapus buku dan penghapusan tagihan kredit macet bagi UMKM, dengan batas maksimal Rp 5 miliar. Namun pada tahap pertama, pinjaman yang masuk dalam pencadangan sebesar Rp 500 juta khusus untuk debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga  El Rumi Akui Lebih Sering Bareng Al Ghazali Ketimbang Dul Jaelani, Alasannya Karena Senasib

Namun, tidak semua kredit macet UMKM akan dihapuskan dan dipulihkan. Pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan penilaian komprehensif terhadap jenis pinjaman.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Transformasi berkelanjutan membawa BRI 6 penghargaan

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *