Hanwha Mau Masuk NOBU Jelang Merger dengan BABP, Begini Kata OJK

Uncategorized30 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merespons kabar rencana Hanwha Life Insurance mengakuisisi 40% saham bank milik Grup Lippo PT Bank Nationalnobu Tbk tersebut. (NOBU) atau Bank Nobu.

Menurut Kepala Departemen Pengawasan Perbankan OJK Diane Ediana Ray, pihak berwenang belum menerima permohonan resmi atas rencana perusahaan asuransi asal Korea Selatan tersebut.

“OJK belum menerima rencana akuisisi tersebut sehingga belum bisa memberikan jawaban pasti,” kata Dayan menanggapi laporan CNBC Indonesia, Jumat (26/4/2024).

Ia juga mengatakan, proses penggabungan Nobu Bank dan bank yang tergabung dalam grup MNC, PT Bank MNC International Tbk, sedang berjalan. (BABP) masih beroperasi berdasarkan perjanjian mereka. Dayan kembali menegaskan, merger dua bank milik dua konglomerat besar merupakan keputusan mereka sendiri.

“Merger ini inisiatif mereka, OJK belum pernah mengajukan merger. Jadi kalau ada usulan lain tentu akan dibicarakan terlebih dahulu, termasuk rencana akuisisi Hanwha, sebelum diajukan ke OJK,” tutup Dian.

Seperti diketahui, pada Maret 2023, lebih dari setahun lalu, OJK mengumumkan dua bank milik dua konglomerat besar terpaksa melakukan konsolidasi karena tidak memenuhi kebutuhan modal inti sebesar Rp 3 triliun.

Terbaru, Dian menargetkan proyek tersebut bisa selesai pada Juni tahun ini.

“Saat ini masing-masing pemegang saham pengendali (PSP) terus melakukan komunikasi terkait rencana yang sedang dipertimbangkan. Aksi korporasi ini tentunya akan memakan waktu yang lama dalam pelaksanaannya mengingat tingginya kompleksitas bisnis, mengingat kedua bisnis tersebut merupakan bagian dari ekosistem konglomerat besar.” serta rencana pengembangan dan sinergi bisnis perbankan ke depan,” jelas Dayan dalam keterangan tertulis awal bulan ini, dikutip Kamis (18/04/2024).

Baca Juga  Inflasi AS kembali membara hingga mencapai 3,7% (YoY)

Ia menyatakan, OJK terus melakukan pemantauan dan koordinasi untuk memastikan kepatuhan terhadap kewajiban PSP kedua bank tersebut, dengan selalu memperhatikan kepatuhannya terhadap ketentuan yang berlaku.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Potret 157 contact person OJK untuk pengaduan

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *