IHSG Semangat Libur Panjang Lebaran: 5 Saham Ini Mendukung

Uncategorized29 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup. memperkuat pada perdagangan Jumat (04.05.2024), menjelang libur panjang Idul Fitri tahun 1445 Hijriah.

IHSG tertutup diperkuat 0,45% ke posisi 7.286,88. Jika IHSG hari ini semakin menguat, ada kemungkinan IHSG bisa kembali menembus level psikologis 7300. Namun IHSG masih bertahan di level psikologis 7200.

Nilai transaksi indeks pada akhir perdagangan hari ini mencapai sekitar 12 triliun rupiah dengan partisipasi 16 miliaran saham berpindah tangan sebanyak 8.12.861 kali. Sangat banyak 261 saham naikT, 301 saham melemah dan 220 saham cenderung stagnan.

Berdasarkan sektor, sektor Infrastruktur menjadi penopang terbesar IHSG pada perdagangan hari ini, yakni mencapai 1,7%.

Selain itu, beberapa saham juga menjadi penopang IHSG pada akhir perdagangan hari ini. Berikut daftarnya.

Saham energi baru terbarukan milik konglomerat Prajogo Pangestu yakni PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) menjadi penopang terbesar IHSG pada sesi hari ini dengan mencapai 41 poin indeks.

IHSG menguat di tengah berlanjutnya proses persidangan di Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pilpres 2024. Namun yang unik, agenda rapat hari ini memuat pernyataan empat menteri.

Keempat menteri tersebut adalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendi, Menteri Keuangan (Menko) Sri Mulyani, dan Menteri Sosial (Mensos). Tiga Rismaharini.

“Sebagaimana telah disepakati dan disampaikan pada sidang sebelumnya, besok ada agenda sidang, yaitu mendengarkan keterangan menteri yang sudah kami jadwalkan,” tegas Ketua MK Suhartoyo dalam sidang Kamis.

Selain empat menteri tersebut, anggota Knesset juga akan menyelenggarakan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (HEC). Semuanya dihadirkan di persidangan untuk mendengarkan bukti-buktinya.

Baca Juga  RIIZE Rilis Teaser Image Terbaru

Sidang TC hari ini akan sangat panas karena kedatangan saksi menteri. Untuk pertama kalinya, seorang menteri hadir dalam persidangan yang akan menjadi saksi dan akan dimintai keterangan.

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan akan memberikan informasi mengenai pengelolaan anggaran pemerintah. Sementara Risma angkat bicara soal bantuan sosial.

Ini bukan kali pertama PGPU diadili di Mahkamah Konstitusi. Indonesia menyelenggarakan pemilihan presiden (pilpres) pada tahun 2004, 2009, 2014, 2019, dan 2024. Hasil pemilu presiden selalu diperebutkan di Mahkamah Konstitusi.

Hingga tahun 2024, Mahkamah Konstitusi biasanya menghadirkan saksi dari kubu lawan bahkan tidak memanggil menteri.

Pengaduan terhadap PHPU pada tahun-tahun sebelumnya lebih banyak berkaitan dengan dugaan kecurangan pemilu atau teknis pemilu. Sebaliknya, tahun ini lebih fokus pada proses pemilu, mulai dari bansos yang dinilai menguntungkan pasangan tertentu hingga usia Gibran Rakabuming Rak sebagai calon presiden.

RISET CNBC INDONESIA

[email protected]

Penolakan tanggung jawab: Artikel ini merupakan produk jurnalistik berdasarkan pandangan Riset CNBC Indonesia. Analisis ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembaca membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul akibat keputusan ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

IHSG kembali mencetak rekor baru! Pertumbuhan Tertutup 1,11%

(bhd/bhd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *