Inilah perbedaan kartu debit dan kartu kredit, jangan sampai salah pilih

Uncategorized241 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Di era digital saat ini, jumlah transaksi yang menggunakan uang kertas sudah berkurang. Saat ini masyarakat lebih memilih menggunakan pembayaran non-tunai, antara lain menggunakan kartu debit, kartu kredit, dan juga QRIS.

Penggunaan kartu debit dan kredit sudah tidak asing lagi di telinga kita dan sering digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai. Keduanya mempunyai kemiripan namun bentuk fisiknya berbeda.

Kartu debit dan kredit pada dasarnya berbeda. Menurut OJK, kartu debit adalah kartu elektronik yang diterbitkan oleh bank sebagai sarana bagi pemegang rekening tabungan atau giro, yang digunakan untuk berbagai transaksi perbankan di ATM dan pembelian di toko yang memiliki alat pembaca electronic data capture (EDC).

OJK dalam situsnya menggambarkan kartu kredit sebagai kartu yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan sejenis, dimana kartu tersebut memberikan kemampuan kepada pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Apalagi dari segi kepemilikan kartunya juga memiliki perbedaan. Dalam kasus kartu debit, bank menerbitkannya langsung ke rekening atau pemegang rekening giro. Sedangkan kartu kredit diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan sejenis kepada pemegang kartu tanpa perlu memiliki rekening atau rekening giro.

Dengan kata lain, Anda dapat memiliki kartu kredit dari beberapa bank atau lembaga keuangan serupa tanpa harus memiliki tabungan atau rekening giro di bank tersebut. Namun untuk bisa memiliki dan menggunakan kartu debit, Anda perlu memiliki rekening tabungan atau giro dengan saldo tertentu.

Perbedaan selanjutnya adalah pada penggunaan kartunya. Kartu debit dapat dianggap sebagai bentuk rekening Anda yang ringkas. Anda dapat menggunakan kartu debit sebagai alat tarik tunai dan melakukan pembayaran atau transfer ke rekening lain di bank yang sama atau bank lain.

Baca Juga  IHSG mulai bangkit kembali, simak rekomendasi saham hari ini

Menggunakan kartu debit akan langsung mengurangi dana di tabungan atau rekening giro Anda.

Di sisi lain, kartu kredit lebih mirip pinjaman. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada persyaratan memiliki akun untuk menerbitkan kartu kredit. Meski bisa digunakan sebagai alat transfer dan tarik tunai, namun ada biaya yang harus dibayar.

Perbedaan ketiga adalah batasan penggunaan kartu yang berbeda. Kartu debit pada dasarnya adalah alat transaksi yang dihubungkan dengan rekening tabungan atau giro, sehingga limitnya tergantung pada rekening atau saldo saat ini. Selama Anda memiliki dana di rekening atau rekening giro, kartu debit Anda dapat digunakan sebagai alat transaksi.

Sedangkan limit kartu kredit ditentukan oleh bank atau lembaga keuangan yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Batasan ini didasarkan pada kebijakan bank atau lembaga keuangan yang menerbitkan kartu kredit tersebut, tergantung pada jenis kartu dan kebijakan layanan lainnya yang ditinjau oleh bank.

Perbedaan terakhir antara kartu debit dan kredit adalah kartu fisiknya. Meski sekilas kedua kartu terlihat sama dengan 16 digit nomor kartu di bagian depan, namun ada sedikit perbedaan yang terlihat pada tampilan kartu debit dan kredit.

Kartu kredit umumnya tampil lebih mewah dibandingkan kartu debit. Informasi penting pada kartu kredit juga biasanya dicetak timbul atau emboss.

Berbeda dengan kartu debit, biasanya dicetak datar. Selain itu, ada beberapa informasi yang ada pada kartu kredit namun tidak ada pada kartu debit, seperti nama pemegang kartu dan tanggal kadaluwarsa kartu tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

BSI Punya Kartu Debit Haji Mabrur, Apa Itu?

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *