Investor Jepang dan Singapura diam-diam menyelesaikan akuisisi Multifinance RI

Uncategorized40 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan ada lima perusahaan keuangan yang melaporkan akan melakukan akuisisi oleh investor asing. Investor tersebut berasal dari Korea Selatan, Hong Kong, dan Jepang.

Sementara itu, dua perusahaan keuangan sedang dalam proses persetujuan akuisisi yang berasal dari Jepang dan Singapura, kata Kepala Pengawasan Lembaga Keuangan, Perusahaan Modal Ventura, LKM dan lain-lain LJK Agusman, dalam keterangan tertulis, Selasa (14 Mei). 2024).

Agusman mencatat, investor asing banyak mengincar perusahaan keuangan yang bergerak di segmen otomotif.

Agusman sebelumnya memberitakan, nilai kesepakatan akuisisi lima perusahaan keuangan mencapai Rp 13,8 triliun.

Sekadar mengingatkan, ada beberapa nama perusahaan yang sebelumnya banyak digunakan dalam akuisisi. Misalnya, perusahaan Korea Woori Card membeli Batavia Finance (BPFI).

Kemudian perusahaan Jepang Mizuho mengakuisisi PT Verena Multi Finance Tbk. (VRNA), serta Singapura, termasuk grup Mouladin yang membeli PT Pro Car International Finance dan mengubahnya menjadi PT Moladin Finance Indonesia (Mofi).

Terakhir, perusahaan yang sedang dalam proses akuisisi adalah perusahaan jasa keuangan raksasa Jepang Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dan emiten Adira Dinamika Multifinance (ADMF). Keduanya ingin mencaplok PT Mandala Multifinace (MFIN).

Bank Danamon yang merupakan anak perusahaan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) berencana menyelesaikan akuisisi MFIN MUFG dan ADMF pada paruh pertama tahun 2024. Target tersebut bergeser dari sebelumnya, yakni pada awal tahun ini.

Direktur Utama PT Adira Finance Dynamics Multi Finance Tbk. (ADMF) atau Adira Finance, I Dewa Made Susila mengatakan, kesepakatan tersebut masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Proses akuisisi sudah mendekati tahap akhir, kami masih menunggu barangnya OKE“OJK,” kata Made dalam paparan virtual Eksposur Kinerja Bank Danamon 2023, Senin (19/02/2024).

Baca Juga  Daftar Terbaru 6 Bank Terbesar di Indonesia, BSI Gantikan CIMB Niaga

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Tinggal 8 Multifinance menghitung hari, 6 di antaranya bakal kolaps di 2023

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *