Investor reksa dana Indonesia melonjak 18,87%, didominasi oleh usia di bawah 30 tahun

Uncategorized96 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Investor reksa dana Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Desember 2023 yang menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2020 yaitu meningkat sebesar 18,87%.

Secara demografis, investor perorangan mayoritas berjenis kelamin laki-laki dengan porsi sebesar 62,33% dan total aset mencapai Rp1.150,28 triliun, sedangkan porsi investor perempuan sebesar 37,67% dengan total aset mencapai Rp240,22 triliun.

Dari sisi usia, investor berusia di bawah 30 tahun mendominasi dengan pangsa 56,43%, dengan total aset mencapai Rp35,09 triliun.

Melihat potensi pertumbuhan jumlah investor reksa dana yang signifikan pada tahun 2023, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) berencana meningkatkan dana kelolaan atau aset kelolaan (AUM) layanan reksa dana perseroan sebesar 50% atau Rp 100 miliar pada tahun 2024. dibandingkan tahun 2023. hingga Rp 300 miliar.

Direktur Utama BRIDS Laksono Widodo mengatakan hal ini didukung oleh rencana kerja sama dengan 20 Manajemen Investasi (MI) pada tahun ini, serta potensi sinergi dengan perusahaan-perusahaan di ekosistem BRI Grup yang dapat berkontribusi signifikan terhadap kinerja sekuritas perseroan. usaha perdagangan dan perantara, khususnya dari reksa dana.

“Tahun ini, kami menargetkan pertumbuhan AUM reksa dana menjadi 50% lebih tinggi dibandingkan tahun 2023 pada akhir tahun dan menyumbang 30% dari pertumbuhan klien perusahaan secara keseluruhan pada tahun 2024,” ujarnya dalam rilis. pernyataannya, Rabu (7/3).

Sementara itu, Chief Retail and Information Technology Officer BRIDS Fifi Virgantria mengatakan, kebutuhan investor reksa dana perseroan didominasi oleh investor milenial dan Gen Z.

“Pada tahun 2024, kami juga akan meluncurkan fitur-fitur unggulan dan canggih yang akan memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi investor dalam mengoptimalkan asetnya,” tutupnya.

Baca Juga  Data Tenaga Kerja Mulai Mendingin seiring Wall Street Terus Naik

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Potret Pameran Investasi 2023 ramai dikunjungi pengunjung

(ay/ay)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *