Ketiga saham ini melonjak bersamaan, Prajogo semakin kaya

Uncategorized234 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Pada perdagangan sesi II Kamis (14/9/2023), tiga saham emiten Prajogo Pangestu terpantau menguat tajam. Ketiga saham tersebut adalah PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Hingga pukul 15:24 WIB, saham CUAN menguat 9,96% ke Rp 2.870 per unit. Sedangkan saham TPIA melonjak 6,57% ke Rp 2.270 per saham dan saham BRPT melonjak 6,22% ke Rp 1.280 per saham.

Sedangkan untuk saham CUAN sendiri, dukungan terus datang dari kabar perseroan membeli saham atau mengakuisisi PT Silika Salut Jaya, perusahaan tambang pasir silika.

CUAN mengakuisisi Silika Salut Jaya sebesar 85%. Pembelian saham tersebut dilakukan perseroan melalui salah satu anak usahanya yakni PT Prima Mineral Investindo (PMI).

Mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa pekan lalu, PMI ke depannya akan menjadi pemegang saham mayoritas baru Silika Salut Jaya.

Direktur Utama sekaligus Sekretaris Perusahaan Petrindo Jaya Kreasi Michael mengatakan, akuisisi Silika Salut Jaya sejalan dengan tujuan awal perseroan yang ingin menjadikan PMI menjadi anak usaha yang berperan sebagai memegang dari perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan lainnya.

Saat ini, Michael mengatakan, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan itu sedang dalam tahap akhir mendapatkan persetujuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menerbitkan izin eksplorasi penambangan pasir silika di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

IUP yang akan diperoleh dirancang untuk wilayah kerja seluas 461,49 hektar.

“Transaksi pembelian saham SSJ dilakukan dengan pemegang saham non-afiliasi SSJ, pemegang saham utama, direksi, dan dewan komisaris perseroan,” tulisnya dalam keterbukaan informasi.

Baca Juga  Inilah strategi investasi Nabi Muhammad SAW yang patut ditiru

Sebelumnya dimiliki oleh konglomerat Prajogo Pangestu, perusahaan ini juga melebarkan sayap bisnisnya ke batu bara dan pertambangan. Langkah diversifikasi bisnis ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis CUAN.

Meluncurkan data Miliarder secara real time menurut Forbes, Kekayaan bersih Projogo Pangestu saat ini diperkirakan mencapai US$9,6 miliar atau setara Rp 144 triliun, menempatkannya di peringkat keempat di bawah duo Hartono, pemilik Djarum, dan bos batubara Low Tuck Kwong.

RISET CNBC INDONESIA

[email protected]

Penolakan tanggung jawab: Artikel ini merupakan produk jurnalistik berdasarkan pandangan Riset CNBC Indonesia. Analisis ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembaca membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Emiten Prajogo Pangestu mendirikan 3 anak perusahaan baru

(bhd/bhd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *