Kisah Inspiratif Mahasiswa UMSU Tampil di Istana Negara

Uncategorized209 Dilihat

Alam Jamaaluka Tentua yang akrab dipanggil Alam merupakan mahasiswa UMSU, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan Bimbingan Konseling semester 7.

Pria kelahiran 2 April 2021 asal Kuala Simpang Aceh, Tamiang. Berhasil meraih juara 1 kategori suara rendah pria (bass) pada audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023. Bakat suaranya tersebutlah, menghantarkannya menjadi pemenang dan berhasil mewakili provinsi untuk tampil di Istana Negara pada acara HUT RI ke-78 Tahun.

Anak ke-5 dari 6 bersaudara ini telah membanggakan kedua orangtuanya yaitu A.I Tentha dan Nurjannah. Tidak hanya itu, Alam yang tergabung dalam UKM Paduan Suara dan HMJ BK UMSU turut mengharumkan nama kampus yang saat ini menjadi tempatnya menuntut ilmu.

“Dulu waktu SMA kelas dua, pernah coba ikut audisi GBN kabupaten tapi belum lulus, hanya saja masuk Gita Swara Tamiang (GST) yang cukup terkenal juga,” ujarnya mengenal awal berjuang mengikuti audisi GBN, Selasa (20/8).

Tidak patah asah, sembari menjalankan perannya sebagai mahasiswa, di tahun 2022 Alam terus melatih kemampuan bernyanyi dengan senior yang telah dahulu bershasil memenangkan audisi GBN.

Alam yang mulanya tidak percaya diri bisa tampil di Istana Negara karena banyak teman yang lebih bagus, di bulan Juni, saat audisi GBN di Banda Aceh, dia berhasil meraih juara 1 dan mewakili provinsi untuk tampil di Istana Negara. Dia senang karena dijuriin langsung oleh Purwacaraka yaitu musikus dan komponis nasional yang telah terkenal.

“Jadi ada 4 jenis suara yang dipilih, ada suara tinggi pria (tenor), suara rendah pria (bass), suara rendah wanita (Alto) dan suara tinggi wanita (Sopran). Saya terpilih menjadi suara bass juara satu, jadi yang diambil satu orang saja dari satu jenis suara,” jelas Alam yang meniatkan hadiah juaranya untuk menambah biaya kuliah.

Baca Juga  IHSG berhasil pulih ke level 7200 didukung oleh 5 saham ini

Alam merasa perjuangannya selama ini telah terbalaskan dengan tampil di acara HUT RI ke-78 Tahun disaksikan Presiden Jokowi, Para Menteri, pejabat DPR , MPR, Artis hingga tayang di stasiun tv seluruh Indonesia.

Suatu kebahagiaan bagi Alam karena berkesempatan dilatih oleh pelatih nasional dan bertemu dengan teman-teman hebat se-Indonesia seperti mahasiswa IPB, UGM, ISI, UB, UPI, UPH dan seluruh perwakilan provinsi di Indonesia yang bersatu dalam paduan suara.

“Ikut GBN ini harus bisa nyanyi teknik klasik dan tau seluruh lagu nasional Indonesia yang mungkin jarang orang ketahui seperti sepasang mata bola. Hal yang sulit adalah membaca notasi balok dan angka,” kata Alam.

Pada tanggal 3-19 Agustus 2023, mahasiswa UMSU itu menjalankan karantina di Depok. Menjalankan hari-harinya dengan jadwal latihan telah diatur mulai dari pagi hingga malam.

Perjuangan yang saya lalui luar biasa, apalagi sambil kuliah mengatur waktu mentelesaikan tugas. Ada sedih, marah, capek tapi akhirnya bisa lulus.

Alam berpesan kepada generasi muda saat ini, khususnya teman-temannya di UMSU. Jika ingin mencapai impian, maka harus konsisten dan percaya diri dibarengi usaha dan doa. Kemudian jangan berlebihan dalam brekspektasi sehingga sudah siap dengan segala hasilnya.

“Percaya diri dan yakin, tapi harus dibarengi dengan konsisten untuk latihan,” pungkas Alam saat diwawancari tim Humas UMSU.

Penulis: Peny Eriska I Fotographer: Dokumen Pribadi Alam Jamaaluka Tentua I Editor: Ribut Priadi

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *