Menkeu menyoroti akses pembiayaan bagi UMKM masih rendah

Uncategorized33 Dilihat


Jakarta, CNBC IndonesiaMenteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengeluarkan instruksi kepada perbankan dalam negeri. Pasalnya, ia melihat porsi pembiayaan perbankan terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih kecil atau hanya berkisar 20%.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan aktivitas perbankan di negara lain. Dimana bank asing sudah lebih memperhatikan UMKM.

“Dari segi pembiayaan dan asuransi, ini juga menjadi faktor penentu bagi UMKM di Indonesia. Install DAN menguntungkan Namun porsi kredit perbankan hanya 20%. Ini terendah dibandingkan negara lain yang UMKM (pembiayaannya) relatif lebih tinggi. “Ini tentu menunjukkan apakah terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu berat, terlalu berat beban perbankan untuk membiayai UMKM,” kata Sri Mulyani dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di BRILiaN Tower, Jakarta Selatan, Kamis (7/). . 3/2024).

Sri Mulyani juga menilai hal ini akan menjadi tantangan bagi perbankan ke depan karena mampu meningkatkan pendanaan ke sektor UMKM.

Sebab, diakui perbankan tentunya akan melihat kondisi fundamental dan model bisnis UMKM untuk bisa membiayainya.

“Pemerintah terus mendukung kami dengan alat yang kami miliki, bahkan alat pajak atau belanja pemerintah untuk mendukung atau memfasilitasi UMKM,” tutupnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

ADHI menjaminkan 51% saham anak usaha BRI senilai Rp 69,7 miliar

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Sebentar Lagi Rilis Lagu Baru, aespa Tarik Perhatian dengan Teaser Image 'Better Things'

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *