MIND ID kuasai saham INCO, BUMN amankan posisi CEO dan Direktur SDM

Uncategorized98 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Holding BUMN Pertambangan, MIND ID akan menerima posisi Direktur Utama dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) di PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Hal ini menyusul penandatanganan perjanjian definitif transaksi akuisisi 14% saham INCO yang dilakukan di Jakarta pada Senin (26 Februari 2024).

Direktur Utama MIND ID Hendy Prio Santoso membenarkan bahwa posisi Direktur Utama dan Chief Human Resources Officer akan diisi oleh orang-orang dari MIND ID. Dalam hal ini, kursi direktur yang tersisa akan dipilih bersama dengan pemegang saham lainnya.

“CEO kami adalah MIND ID, HR [human resources] Sutradara juga akan menjadi perwakilan dari MIND ID, kata Hendi di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Hendy membenarkan pihaknya telah membatalkan ketentuan perjanjian package voting antara Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM). Dengan demikian, posisi MIND ID akan semakin kokoh setelah mengakuisisi 14% saham INCO.

“Blok pemungutan suara hilang, kami batalkan,” ujarnya.

Hendy mengatakan, pada harga transaksi Rp 3.050 per saham, perseroan menyiapkan dana sekitar US$300 juta atau Rp 4,69 triliun (dengan kurs Rp 15.656 per dolar AS). Pembayaran akan dimulai pada bulan Juni.

“Nilainya Rp 3.050 per saham, sekitar US$ 300 juta, tapi ada yang langsung primer, ada juga yang sekunder,” kata Hendy.

Dengan selesainya transaksi tersebut, MIND ID akan menjadi pemegang saham terbesar dengan total kepemilikan sebesar 34%. Dalam hal ini, VCL dan SMM masing-masing akan memiliki 33,9% dan 11,5%. Sedangkan sekitar 20,6% masih dimiliki pemerintah melalui Bursa Efek Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *