OJK menyiapkan 4 aturan PPDP, termasuk wajib Dapen

Uncategorized125 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyiapkan 4 rancangan peraturan terkait sektor asuransi, penjaminan, dan dana pensiun (PPDP) untuk tahun 2024.

Kepala Otoritas Pengawas PPDP OJK Ogie Prastomijono menjelaskan, keempat aturan tersebut berkaitan dengan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Asuransi Wajib, PP tentang Program Kebijakan Penjaminan, PP tentang Harmonisasi Skema Pensiun, PP tentang Pengelolaan Tanggung Jawab Harta Pensiun khususnya. mengenai pengurangan kerugian.

Selain itu, OJK juga sedang mengembangkan ketentuan turunan berdasarkan Pasal 189 ayat 4 UU PPSC. Dalam aturan tersebut, pemerintah dapat membuat program pensiun wajib tambahan bagi pekerja dengan pendapatan tertentu.

“Program ini sudah ada, ada yang bersifat wajib yaitu BPJS untuk pekerja, Asabri untuk TNI Polri, lalu Taspen untuk ASN. Kemudian pensiun sukarela dari DPPK dan DPLK,” jelas Augie saat konferensi pers dalam Rapat Tahunan Jasa Keuangan. Industri (PTIJK), Selasa (20 Februari 2024).

Hal ini merupakan langkah OJK untuk mencapai target besaran perlindungan pensiun yang diterima masyarakat, yaitu 40% dari pendapatan terakhir. Saat ini tingkat proteksinya masih 20%.

“Rancangan keputusan pemerintah (DGR) ini sudah disiapkan yang akan menentukan pegawai mana yang akan dikenakan dapene tambahan. Dan akan dilaksanakan secara kompetitif, bisa melalui Dana Pensiun Pemberi Kerja (EPF) atau BPZhS TK, tapi sepertinya diarahkan ke EPK,” ujarnya.

Selain itu, jaminan sosial BPJS TK akan ditingkatkan. Diketahui, cakupan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Pensiun di BPJS TK saat ini sebesar 8,7% dari pendapatan akhir.

“Tarif ini dinaikkan menjadi 40%, sehingga ke depan manfaat pensiun bisa sebesar 40% dari penghasilan terakhir. Standarnya akan terbit pada Januari 2025. Dan OEK akan mengirimkan aturan turunannya untuk diterapkan,” jelasnya.

Baca Juga  IHSG ambruk 3 hari, pasar menunggu ucapan Jerome Powell

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Warga Indonesia semakin sering sakit, kata Ketua OJK

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *