Puncak! BRI kuat membagikan dividen besar dalam 5 tahun ke depan

Uncategorized47 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyatakan kesiapannya untuk membagikan dividen dalam jumlah besar minimal 5 tahun ke depan.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan optimisme tersebut berasal dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio rasio kecukupan modal (CAR) sebesar 27,3% per Desember 2023. Indikator ini dinilai sangat aman karena berdasarkan ketentuan, diperlukan rasio CAR sebesar 17,5% untuk menutupi seluruh potensi risiko.

Oleh karena itu, menurut Sunarso, BRI mengenakan CAR surcharge sebesar 10%. Dengan asumsi pertumbuhan bisnis menggunakan CAR sebesar 2% per tahun, maka BRI tidak memerlukan tambahan modal dalam 5 tahun ke depan.

“Jadi berapa pun pendapatannya, kami punya diskresi atas porsi dividen yang besar,” kata Sunarso usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat (01/03/2024).

Sunarso menambahkan, sesuai model perseroan, permodalan bank akan tetap kuat meski membagikan dividen dalam jumlah besar. Tugas selanjutnya adalah mencari likuiditas untuk digunakan sebagai pinjaman.

RUPST BRI memutuskan untuk membagikan 80% laba tahun buku 2023 atau Rp 48,1 triliun.

Oleh karena itu, BRI akan membagikan laba sebesar Rp319 per saham. Tahun lalu BRI membagikan dividen interim sebesar Rp84 per saham. Dengan demikian, sisa dividen yang akan dibayarkan BRI adalah sebesar Rp 235.

Rinciannya, masyarakat mendapat Rp25,71 triliun dan pemerintah mendapat Rp22,39 triliun. Masyarakat dan pemerintah menerima dividen interim sebesar Rp6,77 triliun dan Rp5,9 triliun pada tahun lalu, sehingga sisa dividen yang akan dibagikan tahun ini adalah Rp18,94 triliun dan Rp16,49 triliun.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Siap-siap! BRI akan membagikan dividen interim sebesar Rp84 per saham.

Baca Juga  Transformasi berkelanjutan membawa BRI 6 penghargaan

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *