RI kebanjiran asing, rupee perkasa di akhir tahun

Uncategorized170 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) mencatat penguatan rupiah pada Desember 2023 dibandingkan bulan sebelumnya dan akhir tahun 2022. Seiring dengan derasnya arus tersebut terjadi pula aliran masuk modal (inflow).

“NTR pada Desember 2023 menguat rata-rata 0,44% dibandingkan peristiwa November 2023,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai rapat Dewan Gubernur (RDG) BI, Kamis (21/12/2023). )

Perry mengatakan rupee terus berkinerja lebih baik dibandingkan mata uang lain seperti rupee India, baht Thailand, dan peso Filipina.

Penguatan rupiah didorong oleh kebijakan stabilitas rupiah BI dan masuknya modal asing yang didorong oleh semakin menariknya imbal hasil aset keuangan domestik dan prospek perekonomian Indonesia yang positif.

“Memperkuat kebijakan makroprudensial menteri dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan keberlanjutan nilai tukar rupee,” jelasnya.

Langkah untuk menjamin stabilitas rupiah ke depan adalah dengan melakukan intervensi di pasar valuta asing seperti spot, DNDF, dan Surat Berharga Negara (SBN). Kemudian optimalkan alat SRBI, SVBI dan SUVBI.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Massa warga Thual menggerebek kontainer BI berisi Rp 10 miliar

(pengusir hama/pengusir hama)


Quoted From Many Source

Baca Juga  IHSG kembali lesu, melemah 0,17% hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *