Riwayat kredit buruk, debt collector bahkan mencabut izin

Uncategorized179 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Tahun 2023 akan dihiasi dengan berbagai kontroversi mengenai pinjaman online (Pinjol) berbasis peer-to-peer (P2P) lending. Tingginya tingkat kredit macet dan buruknya pengawasan terhadap lembaga penagihan sering kali mengakibatkan sanksi dari regulator.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Keuangan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mencatat hingga September 2023, terdapat 20 pemberi pinjaman p2p loan yang memiliki riwayat kredit macet di atas 5 %.

“Jumlah penyelenggara Fintech P2P lending yang TWP90 (default rate lebih besar dari 90 hari) melebihi 5 persen pada September 2023 sebanyak 20 arranger,” kata Agusman dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 1 November 2023.

Setiap bulannya, skor kredit buruk Piñol bahkan meningkat. Secara keseluruhan, TWP90 pada Oktober 2023 tercatat sebesar 2,89% atau meningkat 0,07% dibandingkan September 2023 sebesar 2,82%.

Besarnya TWP90 bukannya tanpa konsekuensi. Jika banyak peminjam yang tidak dapat membayar, maka penyelenggara pinjaman akan semakin terbebani dengan pembayaran kepada pemberi pinjaman, yaitu: krediturmiliknya.

Selama tahun 2023, tiga penyedia layanan kredit Tanifund, Investree dan iGrow akan ramai diperbincangkan pasca isu gagal bayar.

Pada kesempatan lain, Agusman mengatakan Tanifund sedang mempertimbangkan pinjaman khusus bagi masyarakat yang kredit macet. Tanifund tidak lagi memberikan pendanaan baru.

“Kami melihat adanya permasalahan keterbatasan sumber daya manusia sehingga terdapat kendala dalam menyelesaikan permasalahan dengan riwayat kredit yang buruk,” jelas Agusman.

“Faktor lainnya adalah peminjamnya adalah petani, sehingga karakteristik peminjamnya berbeda-beda. Tanifund saat ini sedang mencari bantuan ke kantor hukum untuk membawa peminjam ke pengadilan,” lanjutnya.

Agusman pun angkat bicara mengenai kondisi terkini dua pinjol lainnya. OJK secara khusus meminta Investree menyusun action plan. Investree juga diminta meningkatkan upaya penagihan utang portofolio yang beredar.

Baca Juga  Saham IHSG Melemah Di Tengah Sidang Sengketa Pemilu, Ditutup Turun 0,75%

Demikian pula, iGrow juga diminta menyiapkan rencana aksi untuk mengatasi kredit macet. Agusman menambahkan, sebaiknya kegiatan pembiayaan pertanian dihentikan dulu.

“Pembiayaan kompleks agroindustri akan dihentikan dulu. Jika ada pelanggaran, OZhK bisa menerapkan sanksi administratif,” ujarnya.

Tagihan debt collector yang sadis

Riwayat kredit yang buruk tidak hanya mempengaruhi penyedia layanan. Pelanggan Pinjol juga mendapat jus.

Klien diharuskan melunasi riwayat kredit buruk. Namun sayang, kerja debt collector yang tidak memenuhi standar penagihan utang justru menimbulkan kasus baru.

Pada awal proses penagihan, pelanggan hanya akan menerima pengingat melalui pesan singkat seperti SMS, email atau telepon. Namun jika belum membayar, tim penagihan akan mengambil langsung dari rumah peminjam. Mereka juga dapat menghubungi nomor kontak peminjam terdekat.

Salah satu kisah tragis Pinjol yang viral sepanjang tahun 2023 adalah kasus Adakami. Sempat beredar kabar salah satu klien AdaKami diduga bunuh diri karena terlilit hutang dan diteror debt collector.

Soal bunuh diri kemudian terbantahkan dengan berbagai bukti polisi yang tidak menemukan korban. Meski demikian, AdaKami tidak menampik terdapat 36 keluhan pelanggan terkait proses penagihan yang melanggar aturan.

“Hasil pemeriksaan AdaKami menunjukkan ada beberapa agen penagihan yang dinyatakan bersalah melanggar SOP dan sedang dilakukan penyelidikan mendalam terhadap agen tersebut. Sebagai bagian dari penyelidikan internal, kami menghubungi klien atau reporter. melampirkan bukti tambahan terkait proses penagihan yang mereka hadapi,” kata Bernardino dalam keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).

Sebelumnya, beberapa pengguna Pinjol AdaKami “berteriak” di media sosial bahwa mereka dianiaya oleh AdaKami collector atau debt collector dengan memesan makanan dari permintaan online fiktif ke alamat pribadi mereka.

Selain pemesanan ojek online, laporan tersebut mengungkapkan bahwa penagih utang memiliki keberanian untuk menghubungi pemadam kebakaran, ambulans, dan layanan sanitasi toilet ke alamat peminjam, menurut CEO AdaKami Bernardino Moningka Vega Jr.

Baca Juga  Boeing kian merugi dengan mencatatkan kerugian Rp 5,7 triliun pada kuartal I 2024.

Cabut izin Pinjol

Sejumlah kontroversi tersebut berujung pada persoalan permodalan yang telah lama menjadi persyaratan yang ditetapkan OJK. Hingga 30 November 2023, terdapat 23 perusahaan fintech yang bergerak di bidang P2P lending belum memenuhi ketentuan kekayaan bersih minimal Rp 2,5 miliar.

Namun ada dua pemberi pinjaman yang mengembalikan izin usahanya karena jelas-jelas tidak mampu menutupi modal pokoknya. Yaitu Pinjol Jembatan Emas dan Danafix.

Merujuk situs resminya, Pinjol Jembatan Emas mengumumkan resmi berhenti beroperasi pada 30 September 2023.

“Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa mulai tanggal 30 September 2023, Golden Bridge secara resmi telah berhenti melakukan registrasi pengguna dan operasi penerbitan pinjaman karena proses pengembalian izin usaha kami ke OZhK,” kata manajemen Golden Bridge.

Namun jika ada transaksi pembayaran pengguna, termasuk aktivitas penagihan, yang belum terselesaikan, manajemen akan memastikan proses tersebut tetap berjalan dan selesai dalam jangka waktu yang berlaku.

Sedangkan pencabutan izin usaha (CIU) Pinjol Danafix tertuang dalam keputusan OJK yang ditandatangani pada 29 Agustus 2023. Akibat pencabutan izin tersebut, PT Danafix Online Indonesia dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang teknologi informasi. berdasarkan layanan pembiayaan bersama. Perseroan juga wajib menyelenggarakan rapat umum pemegang saham untuk memutuskan pembubaran dan membentuk kelompok likuidasi.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

12 pinjol dengan riwayat kredit terburuk

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *