Rugi Rp 90, Harga Saham Anjlok, Ini Status GOTO di Atas Kertas

Uncategorized82 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk turun 4,17% pada sesi pertama perdagangan hari ini, Rabu (20 Maret 2024), menjadi Rp 69.

Hal ini sejalan dengan perusahaan yang baru mengumumkan kerugian sebesar Rp 90,5 triliun pada tahun 2023.

Mengenai masalah teknis, harga saham GOTO terbuka. kesenjangan ke bawah setelah kemarin menguji resistan 74, ada potensi penurunan lanjutan setidaknya hingga support terdekat di 63.

Foto: Tradingview
Harga saham GOTO anjlok lebih dari 5% pada pembukaan pasar Rabu (20/3/2024).

Dari segi sentimen, jatuhnya saham GOTO merupakan reaksi pelaku pasar. menjual di berita tentang hasil keuangan untuk tahun 2023.

Kerugian GOTO melebar hingga Rp 90,5 triliun karena dipicu oleh tercatatnya pembalikan nilai. niat baik (pemulihan niat baik) sebesar Rp78,8 triliun sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Inilah akibat transaksi Tokopedia-TikTok yang mengakibatkan GoTo kehilangan kendali atas Tokopedia efektif 1 Februari 2024.

Selain itu, berdasarkan kinerja keuangan GOTO, terdapat beberapa area yang menunjukkan peningkatan kinerja.

Pertama, EBITDA yang disesuaikan pada kuartal akhir tahun 2023 tercatat positif sebesar Rp77 miliar, kebalikan dari kuartal IV tahun 2022 yang mencatat kerugian sebesar Rp3,1 triliun. Penyesuaian EBITDA yang positif ini menandai perbaikan selama delapan bulan berturut-turut.

EBITDA penyesuaian 12 bulan Grup pada tahun 2023 juga melampaui target perusahaan menjadi Rp -3,7 triliun karena kerugian perusahaan turun sebesar 77%.

Pendapatan kotor secara kuartal juga tumbuh positif, naik 3% YoY dan 8% QoQ hingga mencapai Rp 6,5 triliun. Perusahaan juga terbukti efisien, menghemat hingga 33% dan 38% pada biaya insentif dan pemasaran.

Baca Juga  Ultah ke-1 Tahun Tanpa Ammar Zoni, Ini 7 Potret Amala Anak Irish Bella - Gemas Banget Saat Pakai Kerudung

Secara keseluruhan, kinerja GOTO mengalami peningkatan selama setahun terakhir, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah TikTok mengambil alih sebagian kepemilikan Tokopedia dari GOTO.

Keluarnya Tiktok mengurangi modal GOTO sehingga menurunkan nilainya. harga terhadap nilai buku (PBV) tampaknya juga meningkat. CNBC Indonesia mencatat, nilai PBV per 20 Maret 2024 sebesar 2,19 kali.

Selain itu, untuk menjaga pergerakan saham setelah membukukan angka perbaikan pada tahun lalu, GOTO juga berencana melakukan pembelian kembali sahamnya sebanyak-banyaknya US$200 juta atau setara Rp 3,14 triliun.

RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

IHSG bergerak di zona hijau hingga saham GOTO dan BREN melonjak

(tsn/tsn)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *