Saham Caplok PTRO dan CUAN terus menguat 6,15%

Uncategorized208 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten pertambangan milik konglomerat Prajogo Pangestu yakni PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) kembali melonjak pada perdagangan sesi I, Kamis (11 September 2023).

Hingga pukul 10.30 WIB, saham CUAN melonjak 6,15% ke Rp 6.900 per saham. Saham CUAN berada di kisaran harga Rp 6.525-6.925 per saham pada sesi I hari ini.

Saham CUAN diperdagangkan sebanyak 5.963 kali dengan volume 10,92 juta lembar saham dan nilai transaksi mencapai Rp 74,73 miliar. Kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai Rp 77,29 triliun.

Hingga pukul 10.30 WIB, order beli atau beli di harga Rp 6.800 per saham merupakan antrian beli terbesar hari ini, yakni mencapai antrian 2.468 lot atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Sedangkan order bid atau sell di harga Rp 7.000 per saham merupakan antrian jual terbesar hingga saat ini, yakni mencapai 3.205 lot atau sekitar Rp 2,2 miliar.

Pertumbuhan kuotasi CUAN terus didorong oleh akuisisi saham emiten pertambangan PT Petrosea Tbk (PTRO) yang dilakukan perseroan. Sedangkan untuk saham PTRO sendiri berada dalam tren stagnan di level Rp 4.010 per saham pada sesi I hari ini.

Akuisisi ini dilakukan melalui anak usaha CUAN yakni PT Kreasi Jaya Persada (KJP) dengan menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan pemegang saham pengendali PTRO, PT Caraka Reksa Optima (CRO) pada 7 November 2023.

“Jumlah saham yang dimiliki CRO pada PTRO yang rencananya akan diambil alih dan dialihkan kepada KJP berdasarkan PPSB adalah sebanyak 342.925.700 lembar saham atau mewakili 34% dari seluruh modal disetor dan ditempatkan PTRO,” demikian bunyi pengumuman tersebut. di media pada Selasa (11/7/2023).

Baca Juga  Hukum! BTPN mengakuisisi Oto Multiarta dan Summit Oto Finance senilai Rp 6,5 triliun

Manajemen CUAN mengatakan, setelah keterangannya selesai, KJP akan menjadi pengendali PTRO yang baru.

Hal ini sejalan dengan tujuan transaksi yaitu untuk meningkatkan secara tidak langsung aset KJP dan perseroan, memperluas jaringan usaha dan sebagai bagian dari rencana pengembangan usaha jangka panjang grup untuk menjadi perusahaan pertambangan dan mineral yang terintegrasi.

Diketahui, CRO merupakan perusahaan milik Robert Nityudo Wazjo yang dikenal dengan nama Haji Romo. Pada Rabu (23 Agustus 2023), ia mengumumkan menjadi pemegang saham Petrosea (PTRO) melalui kepemilikan langsung.

Sebelumnya, Haji Romo diketahui pernah mengakuisisi saham Petrosea melalui perusahaan investasinya Caraka Reksa Optima.

Merujuk keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Haji Romo diketahui membeli 19.178.701 saham PTRO pada Kamis 10 Agustus. Transaksi tersebut dilakukan pada harga Rp 3.600 per saham.

Oleh karena itu, promosi tersebut melibatkan perpindahan uang tunai sebesar Rp 69,04 miliar. Kepemilikan saham Haji Romo pun meningkat dari sebelumnya 0% menjadi 1,901%.

RISET CNBC INDONESIA

[email protected]

Penolakan tanggung jawab: Artikel ini merupakan produk jurnalistik berdasarkan pandangan Riset CNBC Indonesia. Analisis ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembaca membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul akibat keputusan ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Emiten Prajogo Pangestu diblokir, pertumbuhannya meningkat 9 kali lipat sejak IPO

(bhd/bhd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *