Sang suami diseret ke dalam kotak timah, akun Sandra Devi diblokir Kejagung

Uncategorized36 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Kejaksaan Agung RI (Kejagung) menyatakan telah memblokir rekening tersangka kasus korupsi PT Timah (Persero) Tbk. (alis). Bahkan, Direktur Penyidikan Wakil Direktur Penuntutan Umum Tindak Pidana Khusus Kuntadi membenarkan dirinya juga telah memblokir akun istri Harvey Moyce, yakni Sandra Devey.

“Apakah ada tindakan pemblokiran dan sebagainya, pemblokiran ini sudah kami lakukan sejak awal penyidikan ini, bukan sekarang,” ujarnya di Kejaksaan Agung Jakarta, Senin (1/4).

Namun Kejaksaan Agung belum bisa menjelaskan secara detail dan membicarakan pemblokiran rekening tersebut, misalnya jumlah saldo dan dari bank mana pemblokiran tersebut dilakukan.

“Dan itu masih terus berkembang,” katanya.

Selain itu, Kejagung belum bisa memastikan kemungkinan keterlibatan istri tersangka.

“Soal peluang, kita tidak bicara peluang, tadi kita katakan bahwa kegiatan penegakan hukum pada hakikatnya adalah alat bukti. Kami tidak akan berspekulasi,” tegasnya.

Sebagai informasi, suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moyes, ditetapkan Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai tersangka kasus korupsi sistem tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015- 2022. .

Harvey Moyse pun langsung ditahan penyidik ​​Roundhouse.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Kuntadi mengungkap peran Harvey dalam kasus tersebut.

Ia mengatakan, sekitar tahun 2018-2019, Harvey saat menjadi perwakilan PT Refined Bangka Tin (RBT) diduga menghubungi Direktur Utama PT Timah saat itu, Mokhtar Riza Pahlavi Tabrani. Sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan Riza sebagai tersangka.

Menurut Kuntadi, Harvey meminta Riza menata penambangan liar di wilayah IUP PT Timah. Menurut dia, setelah beberapa kali rapat, diputuskan pengerjaan penyewaan peralatan teknologi peleburan timah di wilayah IUP PT Timah Tbk.

Baca Juga  7 Potret Ninie Mbayang Kakak Rey Mbayang yang Tak Tersorot, Ibu 2 Anak Tapi Wajah bak ABG

Tersangka HM memaksa pabrik baja PT SIP, CV VIP, PT SBS dan PT TIN untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut, kata Kuntadi.

Kuntadi mengatakan, setelah itu Harvey diduga memerintahkan pemilik smelter untuk menyisihkan sebagian keuntungan usahanya. Keuntungannya kemudian dibagi antara Harvey dan sejumlah tersangka lainnya.

Jaksa menduga uang itu ditransfer dengan kedok dana tanggung jawab sosial perusahaan. Dana tersebut disalurkan ke Harvey melalui PT QSE dengan difasilitasi tersangka lainnya yakni Helena Lim.

Ketentuan ini diduga dilakukan terhadap tersangka HM melalui PT QSE yang difasilitasi oleh tersangka HLN, ujarnya.

Atas perbuatannya, Jaksa Agung menjerat Harvey dengan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kejaksaan Agung juga menahan Harvey di Rumah Tahanan Negara Salemba di lingkungan Kejaksaan Agung selama 20 hari pertama sejak 27 Maret hingga 15 April 2024.

FYI: Harvey Moyse merupakan seorang pengusaha kelahiran 30 November 1985 keturunan Papua, Ambon, dan Makassar. Selain merupakan anak dari Hayong Moeis dan Irma Silviani, ia juga dikenal sebagai suami dari artis Sandra Devi.

Harvey menikah dengan Sandra Dewey pada 8 November 2016. Pernikahan kedua mereka menarik perhatian publik karena dilangsungkan secara megah di Kastil Cinderella di Disneyland, Tokyo, Jepang.

Seorang pengusaha, Harvey Moyse adalah Presiden dan Komisaris perusahaan batubara PT Multi Harapan Utama. Ia juga dikabarkan memiliki saham di sejumlah perusahaan lain seperti PT Refined Bangka Tin, PT Sariwiguna Bina Sentosa, PT Stanindo Inti Perkasa, CV Venus Inti Perkasa, dan PT Tinindo Inter Nusa.

Kehidupan Pribadi Harvey Moyse dikenal sebagai orang yang royal dan kaya. Namun pada tahun 2021, Harvey menjadi duta produk Ferrari Roma bersama putranya.

Baca Juga  Demikian visi calon anggota Badan Pengawas UAC, Agus Syabarrudin.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Harvey Moise-Helena Lim, Ini Daftar 16 Tersangka Korupsi PT Timah

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *