SRBI kumpulkan dana Rp 37 triliun, asing beli di pasar sekunder

Uncategorized171 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) memenangkan lelang Surat Berharga Bank Indonesia Rupiah atau SRBI senilai Rp37,72 triliun. Lelang dilaksanakan dalam dua periode yakni 15 dan 20 September 2023.

Pada lelang pertama 15 September lalu, total kemenangan sebesar Rp 24,45 triliun dengan jumlah penawaran yang masuk sebesar Rp 29,9 triliun, atau 4,2 kali lipat dari target yang ditetapkan sebesar Rp 7 triliun.

Apalagi pada lelang kedua, jumlah pemenang sebesar Rp 13,27 triliun dari total penawaran yang kelebihan permintaan sebesar Rp 15,6 triliun, yaitu 3,13 kali lipat dari target lelang sebesar Rp 5 triliun.

“Jadi totalnya sekarang Rp 37 triliun,” kata Destry saat konferensi pers di Kantor Pusat BI di Jakarta, Kamis (21 September 2023).

Berdasarkan hasil lelang primer, kata Destry, transaksi di pasar sekunder sebesar Rp2,13 triliun atau 5% dari total volume transaksi di pasar perdana. Mayoritas yang melakukan transaksi adalah investor asing.

“Yang menarik adalah kami melihat non-residen menguasai 82% pasar sekunder. Jadi setidaknya langkah awal ini menunjukkan bahwa selera pelaku pasar, baik residen maupun non-residen, sudah membaik,” kata Destry.

BI memastikan instrumen moneter SRBI yang pro pasar akan terus fokus pada penguatan upaya pendalaman pasar uang, mendukung upaya menarik arus masuk portofolio, serta optimalisasi aset SBN yang dimiliki Bank Indonesia sebagaiunderlying aset.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Pertahankan suku bunga utama di 5,75% adalah alasan BI!

(pengusir hama/pengusir hama)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Emiten Ratu Batu Bara RI (BSSR) ini ingin membagikan dividen sebesar US$60 juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *