Tabungan Orang Kaya RI Menipis, Apa yang Terjadi?

Uncategorized143 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan simpanan nasabah kaya atau yang mempunyai uang di atas Rp 5 miliar mengalami penurunan. Sementara itu, simpanan nasabah denominasi rendah meningkat.

“Dari akhir tahun lalu sampai sekarang terus turun, akhir tahun lalu 14-15%, sekarang turun menjadi 3,51%,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadeva dalam keterangannya. . konferensi pers di kantornya, Rabu (31/1).

Purbaya menduga penurunan dana nasabah sebesar lebih dari Rp 5 miliar terutama disebabkan oleh korporasi. “Kita curigai itu korporasi. Kelihatannya begitu. Kita juga khawatir itu pertanda mereka tidak punya uang,” ujarnya.

Menurut dia, korporasi kini cenderung lebih memilih menggunakan dana internal dibandingkan pinjaman perbankan. “Mereka beralih menggunakan uang mereka sendiri untuk bisnis mereka daripada meminjam uang dari bank, apalagi dolar. Jadi pertumbuhan saat ini sebesar 3,51% berada di bawah rata-rata keseluruhan. Tapi itu tidak berarti sesuatu yang negatif.” – katanya .

Sementara itu, kajian Bank Indonesia (BI) menunjukkan pembiayaan korporasi diperkirakan meningkat pada Desember 2023. Hal ini tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) keuangan korporasi sebesar 18,4%, naik dibandingkan WBT November 2023 sebesar 14,9%.

Namun mayoritas sumber pendanaan korporasi masih berasal dari dana internal (68,1%). Jumlah ini bahkan meningkat dibandingkan bulan November sebesar 63,9%.

Berdasarkan survei BI, alasan penambahan sumber pendanaan paling banyak adalah karena kemudahan dan kecepatan memperoleh dana (81,5%). Alasan berikutnya adalah komisi (penurunan suku bunga) sebelas 11,8%. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya sebesar 11,2%.

Diikuti oleh pemanfaatan penarikan sebesar 9,2% dan pendanaan bank domestik sebesar 7,6% pada Desember 2023. Kedua indikator tersebut juga meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga  Resmi Jadi Istri Tengku Tezi, Tyas Mirasih Undang Mantan ke Pernikahannya

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Ketukan! LPS mempertahankan suku bunga penjaminan sebesar 4,25%

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *