Uji kelayakan dan kesesuaian DPR bagi anggota Badan Pengawas OJK hari ini

Uncategorized157 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menyelenggarakan rapat umum, dalam hal ini melakukan uji kelayakan dan kesesuaian terhadap calon anggota badan pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Uji bakat dan kesesuaian rencananya akan berlangsung pada hari ini, Senin, 27 November 2023, dan Selasa, 28 November 2023 mulai pukul 10.00 WIB. Pembahasan tersebut dilakukan berdasarkan hasil keputusan rapat internal XI Komisi DPR RI tanggal 22 November 2023.

Sekadar informasi, untuk menjadi anggota badan pengawas OJK, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi calon pelamar. Pesertanya antara lain harus warga negara Indonesia yang juga berdomisili di Indonesia, beriman dan bertakwa, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai integritas dan akhlak yang tinggi.

Selain itu, pendidikannya harus minimal sarjana, berusia minimal 35 tahun, tidak menjadi pengurus partai politik saat dicalonkan, dan memiliki pengalaman di berbagai bidang keuangan seperti perbankan, pasar modal, asuransi dan lain-lain.

Otoritas Pengawas OJK akan berperan untuk memastikan peran dan fungsi OJK sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pembinaan dan Penguatan Sektor Keuangan Nomor 4 Tahun 2023 (PPSK) atau yang dikenal dengan Undang-Undang Keuangan Konsolidasian.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Jokowi Usul Empat Calon OJC DC di DPR, Ini Daftarnya!

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Rupee Masih Lemah, Implikasinya Menunggu Penurunan Suku Bunga The Fed?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *