UMSU Lepas 378 Mahasiswa PMM dan KM 2023

Uncategorized186 Dilihat

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melepas 378 mahasiswa yang lulus Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus mengajar Peogram Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023. Pelepasan dilakukan secara daring oleh Rektor Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili oleh Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, M. Si, Senin (7/8) di Studio UMSU Jalan Muchtar Basri No. 3 Medan.

Pelepasan sekaligus pembekalan diikuti 274 mahasiswa yang lulus PMM angkatan 3 yang akan disebar ke 60 Perguruan Tinggi dan 104 mahasiswa program Kampus Mengajar (KM) angkatan 6.

Dr. Rudianto dalam sambutannya menjelaskan, PMM dan KM merupakan wujud komitmen UMSU dalam mengikuti program MBKM sebagai program perioritas. Apalagi MBKM menjadi indikator kerja utama, maka UMSU terus mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan MBKM.

“Alhamdulillah, kita bersyukur dapat kembali menjalankan kegiatan. Hari ini secara khusus UMSU melepas 274 mahasiswa untuk mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan 104 Mahasiswa mengikuti Kampus Mengajar (KM),” ujar Dr. Rudianto.

WR III UMSU itu berpesan agar mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, melalui program Kampus Mengajar, mahasiswa diharapkan dapat belajar dan berdampak. Kemudian, bagi mahasiswa yang mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka bisa menginspirasi seperti tagline-nya ‘Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya’.

Tidak hanya itu, PIC Kampus Mengajar sekaligus Wakil Dekan I FKIP UMSU Dr. Dewi Kesuma Nasution, M.Hum turut menjelaskan bahwa mahasiswa yang lulus program Kampus Mengajar didominasi oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

“Nantinya program Kampus Mengajar Angkatan 6 akan dilaksanakan pada bulan Mei hingga Desember 2023, menyesuaikan dengan kalender akademik semester ganjil tahun ajaran 2023/2024,” ujar Dewi.

Sebanyak 104 mahasiswa tersebut terbagi menjadi 87 Mahasiswa mengajar SD dan 17 Mahasiswa mengajar SMP dengan rancangan aktivitas mengajar terkait literasi, numerasi, adaptasi teknlogi hingga Lingkungan Berbudaya literasi Numerasi.

Baca Juga  Asing Diam-diam Terbitkan 10 Saham Ini Saat IHSG Menguat

Sementara itu, PIC PMM sekaligus Wakil Dekan II FKIP UMSU Dr. Mandra Saragih, S.Pd, M.Hum pada paparannya mengatakan bahwa 274 mahasiswa yang lulus PMM tersebar di 60 perguruang tinggi di berbagai daerah seperti Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua hingga Sulawesi. Kemudian, nantinya terdapat 87 mahasiswa dari perguruan tinggi lain (mahasiswa inbound) yang akan belajar di UMSU.

“Kami berharap, mahasiswa yang akan berangkat ke perguruan tujuan, nantinya dapat menjaga nama baik almamater serta pandai bersosialisasi dan berkoordinasi, tetap jaga etika dengan dosen ataupun siapapun selama di perguruan tinggi yang menjadi tempat PMM,” pesan Dr. Mandra sebagai penutup seremoni pelepasan mahasiswa MBKM 2023.

UMSU merupakan kampus yang sangat aktif dan komitmen hingga berhasil meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Akademik Penyelenggara MBKM terbaik. Pengharagaan kategori Program Kreativitas Mahasiswa ajang Anugerah Merdeka Belajar 2023 dari Kemdikbudristek.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *